5 Alasan E-Learning Populer di Masa Sekarang

5 Alasan E-Learning Populer di Masa Sekarang


Siapa yang tak kenal dengan sistem E-Leraning. E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran berbasis online. Saat ini, di masa pandemi ini, E-Learning menjadi opsi yang paling tepat untuk diaplikasikan. Pasalnya, E-Learning dinilai efektif dan mendukung kegiatan belajar-mengajar jarak jauh. Apalagi saat ini telah berlaku kebijakan dari pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk memberlakukan protokol kesehatan. Berikut beberapa alasan E-Learning populer di masa pandemi sekarang ini.

Praktis, Tidak Perlu Ada Kontak Fisik

Di masa sulit akibat wabah Covid19 ini, E-learning tentu sangat relevan karena tidak perlu melibatkan kontak fisik antara guru dan siswa, dan juga antar siswa itu sendiri. Keunggulan lainnya dari pemberlakuan e-learning adalah hemat waktu dan biaya. Hemat waktu di sini adalah siswa tidak perlu buang waktu untuk pindah dari kelas yang satu ke kelas lainnya. Kemudian dari segi hemat biaya, siswa dapat menghemat biaya transportasi. Demikian juga dengan guru. 

E-Learning Bersifat Fleksibel dan Interaktif

E-learning memungkinkan siswa dan guru untuk memanfaatkan media atau aplikasi interaktif dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajar. Misalnya saja, baik guru maupun siswa, dapat menggunakan media interaktif dan kreatif sebagai bagian dari media pembelajaran. Misalnya saja media video, media game online, kuisioner, musik, dan lain sebagainya. 

Belajar Tidak Dibatasi Waktu

Dengan melalui E-Learning, siswa yang mungkin sebelumnya tidak terlalu paham dengan materi tertentu, ia dapat mengulang kembali materi tersebut kapan pun di mana pun. Cukup dengan mengakses situs yang memuat data-data E-Learning saja, siswa terus dapat dengan mudah mendapatkan materi yang perlu diulang. 

Guru dapat Menambah Kontribusi

Melalui beberapa aplikasi pembelajaran online, guru dapat menyampaikan materi jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Ada sejumlah aplikasi yang bahkan memiliki fitur pendukung untuk mengakses materi. 

Cukup hanya dengan mengunggah soft file yang berisi materi ke sistem, siswa dapat mengakses soft file ini kapanpun mereka mau. Cara ini juga cukup membantu guru untuk menyimpan semua materi secara sistematis. 

Kegiatan Belajar Terkontrol dengan Baik

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin baik dan sistematis tentunya memudahkan guru untuk melakukan pemantauan peningkatan nilai dan juga pemantauan pengumpulan tugas-tugas yang telah dikerjakan oleh siswa. Dengan demikian, kegiatan belajar siswa pun dapat dipantau sekaligus terkontrol dengan sangat baik. 

E-Learning memang bisa dibilang cukup efektif untuk diaplikasikan di masa pandemi saat ini. Pembelajaran online ini baik bagi kedua belah pihak, yaitu guru dan siswa. Apalagi jika didukung dengan ketersediaan perlengkapan pendukung seperti situs belajar online gratis, aplikasi belajar online gratis, dan lain sebagainya. 

Academia.co.id adalah sebuah situs yang berisi banyak konten menarik tentang pendidikan, termasuk pembelajaran online yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk masa yang akan datang. Konten pendidikan pada situs ini cukup beragam, mulai dari tips hingga konten-konten informatif. 

Jika Anda penasaran, tak perlu ragu untuk mengakses situs academia.co.id sekarang juga. Dari situs ini, Anda tentu akan mendapat insight baru terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan di negara kita. 

Demikian informasi singkat tentang beberapa alasan E-Learning populer di masa sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda para pembaca. Jika Anda ingin melengkapi artikel ini, bisa langsung tulis di bagian kolom di bawah ini. 


Previous Post
Next Post

post written by: